Jurusan Teknologi Pertanian UNRI Tambah 40 Lulusan pada periode Wisuda Sarjana ke-115

Pekanbaru, 17 Oktober 2022 – Periode wisuda Universitas Riau ke-115 telah digelar pada Rabu-Jumat, 05-07 Oktober 2022 yang dilakukan secara offline bertempat di Gedung PKM Universitas Riau Gobah. Kegiatan wisuda juga disiarkan secara live pada kanal youtube resmi Humas Universitas Riau. Pada wisuda periode ini, UNRI mewisudakan sebanyak 2.448 orang sarjana strata-1 dengan jumlah wisudawan dari fakultas pertanian sebanyak 199 orang dimana 40 orang wisudawan berasal dari Jurusan Teknologi Pertanian.

Pada sidang senat terbuka yang juga bertepatan dengan Dies Natalis ke-60, Wisuda Program Pascasarjana ke-52, Program Profesi ke-45, Program Sarjana ke-115, dan Program Diploma ke-655, Rektor Universitas Riau Prof.Ir.. Aras Mulyadi, DEA menyampaikan bahwa Peradaban dunia ini, selalu berkembang sesuai dengan bentuk interaksi, relasi, keterbukaan informasi, serta pengetahuan diantara masyarakat, yang pada akhirnya akan mempengaruhi bagaimana bentuk dan berkembangnya suatu peradaban. Berkaitan dengan hal itu, Rektor mengajak wisudawan UNRI agar senantiasa berkontribusi bagi masyarakat untuk dapat menghasilkan manfaat yang berkualitas serta bermutu dalam menyikapi peradaban dunia, sesuai dengan tema wisuda “Berdaya Saing Tinggi Berkontribusi dalam Mewujudkan Transformasi Teknologi Dan Inovasi Dalam Menuju Society 5.0,” ucapnya.

“Hadirnya society 5.0 merupakan model masyarakat berbasis teknologi. Hal ini membuat manusia memiliki pemikiran yang lebih kritis, kreatif, dan mampu menyeimbangkan kemampuan pemecahan masalah serta pengembangan,” pada paparannya. Lebih lanjut Rektor mengemukaan harapannya kepada wisudawan untuk dapat menjadi “kontributor” dalam mewujudkan pengembangan peradaban bangsa, baik melalui transformasi teknologi maupun inovasi yang ada. Oleh karena itu, wisudawan perlu melakukan pendekatan-pendekatan untuk menjalankan peran strategis wisudawan dalam membentuk karakter yang bermartabat.

Wisudawan dari Teknologi Pertanian yang berjumlah 40 orang terdiri dari 32 orang dari program Studi Teknologi Hasil Pertanian dan 8 Orang dari Program Studi Teknologi Industri Pertanian. Wisudawan dengan IPK Tertinggi dari Prodi THP dengan IPK 3,80 bernama Diajeng Sriyana Saraswati melaksanakan riset dengan judul “Pemanfaatan Ekstrak Kulit Buah Naga Merah sebagai Pewarna Alami Minuman Probiotik Sari buah Sirsak” dibawah bimbingan Dr. Yusmarini, S.Pt., MP  dan Dr. Dewi Fortuna Ayu, S.TP., M.Si . Wisudawan dari Prodi TIP dengan IPK tertinggi 3,86 bernama Putri Wahyuni melaksanakan riset dengan judul “Analisis Kelayakan Pengembangan Usaha Nata De Coco pada CV Amarta Kecamatan Kempas kabupaten Indragiri Hilir” dibawah bimbingan Dr. Ir. Fajar Restuhadi, M.Si dan Dr. Vonny Setiaries Johan, S.TP., M.T. 

Selamat kepada para wisudawan. Semoga ilmu yang sudah didapatkan dapat berguna bagi kehidupan pasca kampus dan bermanfaat bagi orang banyak. (E. NH AR)

Leave a Reply