Jurusan Teknologi Pertanian Membentuk Desa Wirausaha dengan Kembangkan Produk Olahan Berbasis Jeruk dan Nanas “Povita”

Pekanbaru, Januari 2023 – Desa Pulau Jambu menjadi salah satu desa yang produktif menghasilkan komoditi jeruk. Tim pengabdian Jurusan Teknologi Pertanian Universitas Riau  melihat adanya  peluang usaha pada produk dari UKM Maju Bersama Desa Pulau Jambu. Perlu adanya pelatihan kepada UKM terkait pemasaran produk sehingga harapannya pemasaran produk bisa lebih luas, keluar kota pekanbaru, bahkan keluar pulau sumatera dan bahkan menjangkau target pasar ke seluruh indonesia. 

Melalui kegiatan pendampingan dan peningkatan terkait pemasaran dan strategi pemasaran untuk produk olahan jeruk dan nanas ini diharapkan Desa Pulau jambu, Kecamatan Kuok akan dapat menjadi desa Wirausaha. Hal ini sebagai langkah untuk mencapai tujuan dari pelaksanaan pengabdian yang dilaksanakan oleh Universitas Riau yaitu dapat menciptakan desa yang mandiri dengan adanya sinergi antara UNRI sebagai perguruan tinggi dan desa binaan di dalam lingkup Provinsi Riau. 

Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang terintegrasi pada kegiatan kuliah kerja nyata (Kukerta). Tim pengabdian ini diketuai oleh Dr. Yusmarini, S.Pt., M.P dengan anggota Prof. Usman Pato, M.Sc., PhD, Dr. Ir. Evy Rossi, M.Sc, Edfan Darlis, SE., M.Si., Ak. CA, Emma Riftyan, S.TP., M.Sc, Edo Saputra, S.TP., M.P.

Mahasiswa yang terlibat pada Kukerta adalah Yosia Pasaribu, Windi Agnes Dwi Putri, Anisa Rizky Ramadanti, Sonia Handhayani, Charesy Maulidya, Ichwannur Hidayat, Aisha Febiola, Wahyu Rahma Dani, Daniel Julian Pakpahan, dan Febbi Azzahra Fazira.

Adapun produk olahan berbasis jeruk dan nenas ini di branding dengan nama “Povita” yang mengeluarkan dua jenis produk unggulannya, yaitu minuman sari buah yang berbahan dasar sari buah jeruk dan sari buah nanas serta selai buah yang berbahan sari buah beserta kulitnya. 

Ketercapaian kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan ini dibuktikan dengan pemasaran produk “Povita”yang dilakukan dengan penjualan retail pada beberapa toko/ market yang ada di Kota Pekanbaru diantaranya Panam Mart, 212 Mart, Koperasi eka Hospital Pekanbaru, Toko Oleh-oleh Malika Lapan Factory, aktif mengikuti kegiatan bazar, expo dan diskusi publik diantaranya pada kegiatan Faperta Expo yang dihadiri oleh staf dari Balai POM, kegiatan expo Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat, kegiatan Diskusi Publik Faperta UNRI, serta kegiatan pameran produk di Balai Kota Bangkinang.

Saat ini Povita selaku brand dari minuman sari buah telah mendaftarkan brand-nya bersama dengan sentra KI UNRI melalui Dirjen KI Kemenkumham RI yang terintegrasi pada https://pdki-indonesia.dgip.go.id. Status pendaftaran merek POVITA sudah masuk pada tahapan pengumuman merek dan selanjutnya menunggu proses pemberian sertifikat merek. Pendaftaran merek ini sangat penting dimiliki oleh POVITA sebagai identitas suatu usaha dan perlindungan hukum. Merek diperlukan untuk membangun citra dari POVITA terutama penting dalam melakukan promosi. Rangkaian kegiatan ini dapat di akses pada laman https://my.unri.ac.id/FPTPUNRI_Povita_ 

====

Selamat dan Sukses selalu untuk tim Povita bersama Jurusan Teknologi Pertanian, Desa Wirausaha semakin berkembang ! (E. NH AR)

Leave a Reply