Bincang Bareng Wisudawan Terbaik Teknologi Pertanian UNRI

Pada bulan Oktober 2022, UNRI mengadakan wisuda bagi program sarjana, pascasarjana, dan profesi. Pada wisuda batch ini, Jurusan Teknologi Pertanian UNRI meluluskan 40 orang mahasiswa: 32 orang berasal dari Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (THP) dan 8 orang berasal dari Program Studi Teknologi Industri Pertanian (TIP). Diantara 40 orang wisudawan tersebut, Putri Wahyuni, S.TP dari Prodi TIP berhasil menjadi pemuncak atau wisudawan terbaik dari Jurusan TP. Berikut obrolan kami bersama Saudari Putri.

Biodata Wisudawan Terbaik

Nama : PUTRI WAHYUNI, S.TP
Usia : 23 tahun
Asal : Sawahlunto, Sumatera Barat

Q : Kenapa dulu memilih kuliah di TIP UNRI?

A :  Awalnya milih jurusan TIP UNRI bisa dibilang secara tidak sengaja. Saya mendaftarkan diri untuk ikut SBMPTN dengan syarat harus memilih maksimal 3 jurusan/prodi pada maksimal 2 universitas. Hal ini membuat saya bingung menentukan pilihan. Saat saya sudah memutuskan 2 pilihan pertama mengambil univesitas di Padang, saya ingin memaksimalkan kesempatan untuk mengisi pilihan ketiga dengan memilih Universitas Riau dengan pertimbangan Riau cukup dekat dengan Sumbar. Tetapi awalnya tidak tau ingin mengambil jurusan apa. Setelah dilihat-lihat jurusan yang sesuai untuk jurusan IPA yang kebetulan saya ambil semasa SMA disana ada tertulis jurusan Teknologi Pertanian. Setelah saya searching di internet mengenai jurusan ini akhirnya saya putuskan saja kalau jurusan ini nanti mungkin akan cocok dengan saya. Dan Alhamdulillah pengumuman SBMPTN keluar dan saya dinyatakan lulus di TIP UNRI.

Q : Apakah yang dibayangkan dulu sebelum masuk di TIP akhirnya didapatkan di TIP UNRI?

A : Dulu sebelum kuliah saya sempat mencari informasi, membaca-baca di internet terkait TIP yang mana katanya di TIP kita belajar mengenai teknologi pertanian, proses pengolahan hasil pertanian dan perkebunan. Namun saat itu saya hanya baca sekilas untuk sekedar mendapatkan gambaran apa itu TIP. Setelah saya kuliah dan mengikuti setiap pembelajaran di TIP ternyata cakupan TIP itu sangat luas. Disini saya merasa bisa merangkap jadi anak agribisnis, anak manajemen, anak biologi bahkan kadang merasakan ada tekniknya. Kita belajar banyak topik yang saling berkaitan dan bagi saya itu menarik. Kita tidak hanya belajar bahan pertanian atau perkebunannya tapi kita belajar bagaimana mengolahnya, bagaimana prosesnya, apa alat dan teknologi yang dapat digunakan, serta kita belajar bagaimana memasarkan produknya. 

Q : Apa mata kuliah favorite selama kuliah di TIP? Kenapa menyukai mata kuliah itu?

A : Saya orangnya suka mata kuliah yang ada hitungannya karena matematika cukup jadi pelajaran favorit saya dari masa sekolah. Walaupun kata orang matematika itu ribet dan bikin pusing tapi saya selalu tertarik untuk menyelesaikannya. Di TIP ada beberapa mata kuliah yang memang banyak hitung-hitungannya dan yang paling saya suka itu Perencanaan Proyek Industri. Saya suka mata kuliah ini karena pada mata kuliah ini kita belajar bagaimana merencanakan dan merancang sebuah industri dengan pertimbangan dan perhitungan yang tepat. Dan menurut saya mata kuliah ini cukup komplit dan merangkap beberapa mata kuliah lainnya. Saat praktikum mata kuliah ini, kami diminta untuk merancang sebuah industri pertanian dari awal hingga industri itu dapat dikatakan layak. Menurut saya itu hal menarik untuk mengembangkan ide, kreativitas, dan imajinasi serta dapat belajar menjadi seorang wirausahawan yang sedang ingin membangun industri atau seorang yang akan menganalisa kelayakan sebuah usaha. Hingga saat menyusun tugas akhir saya juga mengambil topik mengenai kelayakan industri pertanian karena saya merasa mampu di mata kuliah ini. Dan dengan adanya mata kuliah ini saya merasa nanti saya bisa untuk merancang usaha sendiri, mungkin seperti usaha rumah makan padang seperti yang saya cita-citakan.

Q : Bagaimana cara untuk survive hingga lulus dari TIP UNRI?

A : Untuk survive menurut saya kembali ingat lagi niat kita dan ingat tujuan awal kita apa. Menurut saya, kuliah dan menyelesaikan kuliah ini adalah sebuah tanggung jawab karena kita yang mengambil keputusan di awal untuk siap masuk dan menjalani semua proses yang akan dilalui. Oleh karena itu kita juga harus siap untuk menyelesaikan ini dengan sebaik mungkin. Motivasi terbesar saya untuk selalu bertahan dan berjalan adalah orang tua dan keluarga. Mereka sudah menaruh harapan yang begitu besar, memberi kepercayaan, memberi dukungan baik moril dan materil, maka saya merasa itu sebuah pemberian yang harus berbalas dengan sebuah keberhasilan.  Selain itu, selama saya berkuliah saya menjalin komunikasi dan hubungan baik dengan banyak teman, senior, maupun junior, sehingga dengan banyaknya teman, kita bisa menjalani proses ini dengan berbagi cerita, pengalaman dan saling membantu sehingga kita berjalan tidak merasa sendiri ada banyak teman disekeliling kita.

Q : Bagaimana mengatasi kendala yang muncul? Misalkan rasa malas atau tugas yang tiada habisnya?

A : Untuk mengatasi kendala biasanya pertama kali saya menguatkan niat lagi dan ingat tujuan awal kenapa ada disini. Jadi pasti rasa malas itu terkikis sendirinya dengan tetap mengerjakan tugas walaupun kadang tidak terlalu maksimal. Ibaratnya yang penting dikerjakan. Karena menurut saya, ikuti dan kerjakan apa yang diminta itu pasti ada nilai plusnya.  Misalkan merasa terkendala mengerjakan tugas sendiri, bisa minta bantuan teman atau ngumpul kerjakan tugas bareng-bareng untuk membangun suasana belajar yang tidak membosankan.

Q : Bagaimana kesan dan pesan selama kuliah di TIP?

A : Kesan kuliah di TIP banyak sekali, bertemu dengan teman-teman yang luar biasa. Bertemu teman yang membuat cerita perjalanan kuliah di TIP ini berwarna hingga sampai pada masanya bilang “gak terasa ya kita mau tamat aja”. TIP memfasilitasi kami untuk bisa field trip dua kali ke Sumatera Barat. Hal itu sangat berkesan bagi saya. Selain saya mendapatkan ilmu, saya juga dapat pengalaman dan liburan serta kebersamaan. Selain itu selama kuliah di TIP, saya mendapatkan ilmu dan pengalaman dari banyak dosen sesuai bidangnya. Pesan untuk TIP semoga kedepannya makin jaya, bisa banyak berprestasi, makin banyak hal-hal baru yang dapat menunjang mahasiswanya menjadi sarjana yang siap menghadapi perjalanan kehidupan pascasarjananya. Untuk teman-teman TIP tetap semangat dan semoga tetap bisa menjadi teman baik hingga nanti.

Q : Apa yang akan dilakukan setelah lulus dari TIP UNRI?

A : Setelah lulus saya akan menjalani kehidupan pasca kampus saya dengan harapan dapat memberi kebermanfaatan dari ilmu yang sudah saya dapatkan. Selain itu saya terus mengembangkan kemampuan dan keterampilan, mungkin ingin dapat bekerja sesuai passion yang dimiliki. Berusaha dan ingin sukses di kehidupan selanjutnya.

Q : Apa yang dilakukan ketika menjadi mahasiswa selain mengikuti perkuliahan?

A : Selama kuliah saya cukup aktif di beberapa organisasi.  Tahun awal kuliah saya sudah menjadi anggota himateta muda yang merupakan wadah bagi mahasiswa teknologi pertanian mengenal organisasi yang nanti ingin ikut aktif di kepengurusan selanjutnya. Semenjak semester 3 saya sudah aktif menjadi anggota Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Pertanian Universitas Riau menjabat sebagai sekretaris komisi II bagian auditing dan budgeting. Pada tahun yang sama saya juga menjadi Bendahara Divisi Kaderisasi Himpunan Mahasiswa Teknologi Pertanian (HIMATETA). Pada tahun berikutnya saya tetap dipercayai untuk menjadi anggota DPM menjabat sebagai Bendahara Umum. Jadi semasa kuliah selain mengikuti perkuliahan saya aktif mengikuti kegiatan-kegiatan organisasi, menjadi panitia-panitia acara beberapa kegiatan organisasi. Selain itu, semenjak semester 6 saya diamanahkan menjadi asisten praktikum beberapa mata kuliah seperti mata kuliah Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Perencanaan Industri Pertanian, Perencanaan Proyek Industri, Teknologi Fermentasi dan Peralatan Industri Pertanian.

Q : Apa pesan untuk yang saat ini berkuliah di TIP UNRI?

A : Satu kata untuk semuanya, SEMANGAT. Jalani proses ini dengan sebaik mungkin, isi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat, perbanyak teman dan relasi, perbanyak mengukir cerita selama kuliah untuk menjadi kenangan yang berharga. Dan untuk setiap kendala yang dihadapi jangan takut untuk mencoba karena semua akan terlalui, walaupun kita menunda untuk tidak sekarang, tapi nanti kita pasti menempuh jalan itu untuk sampai kelulusan.

Q : Kenapa orang-orang, terutama adik-adik tingkat SMA harus berkuliah di TIP?

A : TIP itu komplit, kita belajar banyak hal disini. Kita belajar pengolahan, teknologi proses, pengembangan produk, membuat perencanaan, manajemen, rekayasa proses. Kita dapat banyak pengetahuan dibeberapa bidang dengan cuma ambil prodi TIP.

Q : Kalimat motivasi yang disukai?

A : Semua pasti akan terlalui, kalau tidak sekarang ya nanti ☺ Love what you do, do what you love

Sekian obrolan kami bersama wisudawan terbaik Jurusan TP, Putri Wahyuni, S.TP. Sukses selalu kehidupan pascakampusnya bagi Saudari Putri. Jangan lupakan almamater dan tetaplah bermanfaat bagi orang banyak. (E.RPJ)

 

Leave a Reply