Pelatihan Manajemen Referensi Mendeley bagi Mahasiswa: Yuk Menulis!

Pada hari Sabtu, 24 September 2022, Jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Riau mengadakan workshop pelatihan Mendeley bagi mahasiswa. Acara diadakan secara online menggunakan platform zoom meeting. Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 111 mahasiswa Jurusan Teknologi Pertanian dan dosen-dosen di Fakultas Pertanian UNRI.

Acara dibuka oleh Pimpinan Fakultas Pertanian yang diwakili oleh Wakil Dekan III, Shorea Khaswarina, S.P., M.P. “Pelatihan ini sangat penting bagi masyarakat akademik karena kita diharuskan untuk menulis karya ilmiah. Mahasiswa dalam hal ini setidaknya akan menulis skripsi dan tesis, pun lebih-lebih jika akan menulis jurnal. Ketika menulis tentu harus menyertakan sitasi, sehingga pelatihan ini sangat baik untuk mengajarkan kita cara menulis sitasi dan referensi yang baik dan sesuai aturan”

Ketua Jurusan TP, Dr. Dewi Fortuna Ayu, S.TP., M.Si mengatakan “Pelatihan Mendeley ini rutin dilakukan oleh Jurusan Teknologi Pertanian (TP). Salah satu alasan diadakannya pelatihan ini adalah karena mahasiswa TP memiliki masa studi yang cukup lama. Salah satu faktornya adalah lama dalam pelaksanaan tugas akhir. Komponen tugas akhir salah satunya adalah menulis. Sehingga pelatihan Mendeley ini berguna untuk meningkatkan skill menulis mahasiswa. Harapannya mahasiswa akan bisa menulis lebih rapi, cepat, dan lama masa studi bisa dipercepat.”

Pelatihan Mendeley mengundang dua orang narasumber yaitu Yanti Nopiani, S.T.P., M.Sc dan Rahmadini Payla Juarsa, S.T.P., M.Si. Keduanya merupakan dosen di Jurusan TP UNRI. Narasumber memaparkan materi teori dan praktek secara langsung. Pada kegiatan praktek, mahasiswa dibagi menjadi dua kelas breakout room zoom. Hal ini berkaitan dengan versi aplikasi Mendeley yang digunakan. Pada sesi praktek, mahasiswa dibimbing secara detail, mulai dari melakukan instalasi aplikasi hingga step by step penggunaan aplikasi. Pada sesi praktek secara langsung pula, mahasiswa bisa langsung mencoba bagaimana menggunakan Mendeley dan membuat sitasi serta daftar pustaka pada tulisan.

Kegiatan ditutup oleh Koordinator Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Emma Riftyan, S.T.P., M.Sc. Sebelum kegiatan ditutup, dilakukan unjuk hasil praktek dari materi yang telah dipelajari. Unjuk praktek dilakukan oleh dua orang peserta yang hadir, yaitu Ririn dan Okta. Dari unjuk praktek tersebut, peserta mampu menampilkan cara penggunaan aplikasi Mendeley dan memanfaatkannya untuk membantu penulisan sitasi dan referensi.

Leave a Reply